10 Makanan yang Dianjurkan Bagi Penderita Ambeien

Penderita ambeien merupakan penyakit yang cukup umum dan menjadi masalah besar ketika mulai terasa gatal, nyeri, dan berdarah. Pada tingkatan tertentu diperlukan bedah laparoskopi, yaitu operasi invasif minimal yang memungkinkan dokter bedah mengakses bagian dalam perut dan panggul tanpa membuat sayatan besar di kulit.

Menurut dr Mark Wong, seorang dokter bedah umum dan kolorektal di Mount Elizabeth Novena Hospital dan Mount Alvernia Hospital, ambeien biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ini akan mengubah bentuk dan konsistensi tinja, baik menjadi terlalu keras atau terlalu encer.

Makanan untuk Penderita Ambeien

Dikutip dari laman De Nature Webstore, Ambeien berisiko tinggi terjadi pada orang yang jarang buang air besar. Salah satu cara termudah dan paling alami untuk melancarkan buang air besar yaitu dengan memenuhi kebutuhan serat harian, baik melalui diet sehat atau suplemen. Berikut ini beberapa anjuran makanan untuk penderita ambeien.

  1. Kacang-kacangan

Cara paling ampuh untuk mencegah rasa nyeri dan pembengkakan akibat ambeien adalah dengan memastikan tubuh mendapatkan cukup serat. Ada dua jenis serat, yaitu soluble (larut dalam makanan) dan insoluble (tidak larut dalam makanan). Keduanya dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan.

Kacang-kacangan yang dimaksud termasuk buncis, lentil, kacang polong, kedelai, kacang tanah, kacang hitam, dan kacang kratok. Beberapa jenis kacang-kacangan tersebut mengandung kedua jenis serat, terutama serat soluble.

Kebutuhan serat setiap orang bervariasi, tergantung usia dan jenis kelamin Anda. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa kebanyakan pria dewasa membutuhkan serat sebanyak 38 gram/hari dan 25 gram/hari untuk wanita dewasa.

  1. Biji-bijian Utuh

Mirip seperti kacang-kacangan, biji-bijian adalah sumber nutrisi yang baik karena mereka kaya akan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Biji-bijian utuh memiliki kandungan serat insoluble yang bagus untuk pencernaan, serta mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman akibat ambeien.

Biji-bijian lebih dari sekadar tepung terigu dan roti yang lezat. Mereka juga mencakup jagung, quinoa, beras merah, gandum, gandum hitam, dan jelai. Selain itu, oatmeal adalah biji-bijian utuh yang wajib dimasukkan ke dalam menu makanan harian Anda, karena bekerja sangat baik dalam mengurangi gejala ambeien.

Oatmeal mengandung jenis serat soluble yang disebut beta-glukan. Ini sangat menguntungkan mikrobioma usus seperti prebiotik yang menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus.

  1. Brokoli

Brokoli, kembang kol, kubus, arugula, kangkung, lobak, kubis, dan bok choy termasuk sayuran kucifer yang terkenal bagus untuk mencegah kanker. Selain itu, kelompok sayuran kucifer juga mengandung serat insoluble dalam jumlah banyak. Mereka juga mengandung glukosinolat, yaitu bahan kimia yang dipecah oleh bakteri usus.

Keragaman bakteri usus terkait dengan sistem gastrointestinal yang sehat dan tingkat kekebalan tinggi. Kandungan serat insoluble dalam brokoli dan jenis sayuran kucifer lainnya menjadi opsi yang tepat untuk mencegah ambeien dan meminimalisir kemungkinan untuk bedah laparoskopi.

  1. Artichoke

Makanan untuk penderita ambeien yang berikutnya yaitu artichoke, tanaman asal Mediterania yang bernutrisi tinggi. Artichoke sangat kaya akan serat yang menjadi sumber makanan bagi bakteri usus. Ini meningkatkan jumlah bakteri baik di usus, seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli.

Sayangnya, artichoke bukan sayuran yang mudah diolah. Anda harus bekerja lebih ekstra untuk mengolah bagian yang bisa dimakan. Pangkal daun dan daun paling dalam cukup empuk dan bisa dimakan.

Cegah ambeien dengan memperbanyak konsumsi artichoke demi menjaga usus tetap sehat dan buang air besar secara teratur.

  1. Umbi-umbian

Sayuran umbi termasuk ubi jalar, lobak, buah bit, rutabaga, wortel, dan kentang yang mengenyangkan dan kaya akan nutrisi sehingga bagus untuk kesehatan usus. Setiap porsi umbi-umbian mengandung sekitar 3 sampai 5 gram nutrisi per porsi.

Saat memasak umbi-umbian, ingatlah untuk tidak membuang bagian kulit. Ini karena mereka mengandung banyak serat yang bisa Anda nikmati kelezatannya jika dimasak dengan benar.

Kentang putih yang dimasak dan didinginkan mengandung sejenis karbohidrat yang dikenal sebagai pati resisten. Ketika dimakan, kentang putih akan masuk ke saluran pencernaan tanpa dicerna terlebih dahulu. Bentuknya mirip seperti serat soluble yang memberi makanan bagi bakteri baik di usus.

Cara terbaik untuk mengolah umbi-umbian yaitu dengan memanggang, mengukus, menumis, atau merebusnya bersama kulitnya tanpa dikupas terlebih dahulu. Mereka juga bisa dihaluskan, dipotong, dan dipanggang seperti kentang goreng.

  1. Labu

Labu bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat musim panas hingga musim dingin. Ada banyak varietas labu, seperti labu kuning, labu butternut, zucchini, dan acorn squash.

Dari beberapa varietas labu di atas, yang paling berserat adalah acorn squash. Mereka mengandung 9 gram nutrisi yang sangat bagus untuk melawan ambeien.

Anda bisa mengolah labu dengan cara disangrai, ditumis, atau direbus untuk mempermudah proses pencernaan.

  1. Paprika

Salah satu cara mencegah ambeien yaitu dengan mengonsumsi paprika. Setiap 92 gram paprika yang diiris mengandung hampir 2 gram serat. Meski kandungan seratnya tidak setinggi jenis sayuran lain, tapi paprika mampu menghidrasi tubuh dengan kadar air 93%.

Tubuh yang memiliki cukup serat dan cairan membuat Anda terhindar dari penyakit ambeien dan lebih lancar buang air besar tanpa perlu mengejan.

  1. Timun dan Melon

Timun dan melon termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Sama halnya dengan paprika, mengonsumsi timun dan melon adalah cara untuk memastikan kecukupan serat tubuh dan melancarkan pencernaan Anda.

Saat mengonsumsi timun, pastikan untuk tidak membuang kulitnya, karena bagian kulit mengandung serat paling tinggi.

  1. Buah Pir

Buah pir berukuran sedang rata-rata mengandung hampir 6 gram serat yang merupakan 22% dari kebutuhan serat harian Anda. Pastikan Anda memakan buah pir bersama kulitnya, karena di bagian kulit kaya akan serat yang melancarkan pencernaan.

Rasa manis dan segar dari buah pir sangat cocok dijadikan camilan sehat. Anda juga bisa mengolahnya menjadi hidangan sup atau salad.

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang ideal untuk dimasukkan ke dalam menu makanan harian Anda, karena bekerja sangat baik dalam mengatasi ambeien. Buah ini menawarkan pektin dan pati resisten yang terkandung di dalamnya.

Satu pisang berukuran sedang, sekitar 18 sampai 20 cm, mampu menyediakan 3 gram serat. Sementara itu, pektin menciptakan gel di saluran pencernaan dan pati resisten menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus Anda. Ini merupakan kombinasi terbaik untuk mengatasi ambeien.

Bagaimana Jika Ambeien Tidak Kunjung Mereda?

Menurut dr Mark Wong, ambeien yang tidak kunjung mereda bisa diatasi dengan minum obat (seperti Daflon) dan mengubah pola makan agar feses tidak terlalu encer dan tidak terlalu keras.

Jika tidak kunjung membaik, kemungkinan Anda perlu menjalani operasi. Tindakan ini harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Manfaat Daun Ungu Sebagai Obat Wasir Ampuh

Bedah laparoskopi dapat digunakan untuk mendiagnosis berbagai kondisi penyakit yang bersarang di dalam perut atau panggul. Prosedur ini juga dapat digunakan untuk melakukan prosedur pembedahan, seperti mengangkat organ yang rusak atau mengambil sampel jaringan (biopsi) untuk pengujian lebih lanjut.