Cuka Apel Bisa Untuk Mengobati Wasir?

By | 28/12/2018

Tahukah Anda, ternyata cuka apel bisa untuk mengobati wasir yang sederhana di rumah. Cuka apel adalah sebuah jenis minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel.

Dalam proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel kaya manfaat. Selain asam asetat, cuka ini juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.

Walaupun masih termasuk dalam jenis cuka, cuka apel punya perbedaan sangat mencolok dengan cuka putih, salah satunya dari segi manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu untuk membantu mengobati penyakit wasir.

Ambeien atau wasir merupakan penyakit di mana pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum (bagian akhir dari usus besar, sebelum anus) membengkak dan meradang.

Pembuluh darah bisa membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat, ini disebut sebagai wasir internal. Pembengkakan juga bisa terjadi di luar anus yang terasa lebih nyeri, yaitu di dekat lubang anus, disebut sebagai wasir eksternal.

Penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, tapi kemungkinan berhubungan dengan meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus.

Orang-orang yang Berisiko Terkena Wasir

Penyebab sebenarnya dari wasir atau hemoroid masih belum jelas. Tapi pada kebanyakan kasus yang ada, diperkirakan ada kaitan kuat dengan meningkatnya tekanan dalam aliran darah di dalam atau di sekitar anus. Tekanan inilah yang menyebabkan pembuluh darah pada bokong membengkak atau mengalami peradangan.

Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena wasir atau hemoroid.

  • Penyakit konstipasi yang berkelanjutan karena kekurangan serat dalam makanan.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Melakukan seks anal.
  • Diare yang berkepanjangan.
  • Riwayat kesehatan keluarga dengan hemoroid, menjadikan Anda lebih berisiko menderita wasir atau hemoroid.
  • Terlalu sering duduk dalam waktu lama.
  • Batuk dan muntah-muntah yang berkelanjutan.
  • Sering mengangkat beban berat. Bertambahnya usia. Saat usia semakin menua, jaringan penopang tubuh semakin lemah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terkena hemoroid.
  • Kehamilan sebagai kondisi yang bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di panggul. Pembuluh darah akan membesar dan hemoroid akan muncul. Hemoroid biasanya akan sembuh setelah Anda melahirkan.

Jika Anda mengalami sulit bab yang disertai dengan bab berdarah, dan juga timbulnya benjolan yang disertai rasa tidak nyaman atau nyeri, kemungkinan besar Anda menderita wasir atau ambeien.

Kunjungi Juga : 4 Obat Wasir Untuk Ibu Hamil Di Apotik

Klasifikasi Tingkat Keparahan Wasir

Wasir bisa digolongkan lebih jauh lagi tergantung kepada ukuran dan tingkat keparahannya:

  • Tingkat satu: pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus.
  • Tingkat kedua: pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus saat Anda buang air besar dan masuk kembali dengan sendiri saat sudah selesai buang air.
  • Tingkat ketiga: satu atau lebih benjolan kecil yang menggantung dari anus dan bisa didorong untuk masuk kembali.
  • Tingkat keempat: benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali.

Jika Anda mengalami gejala wasir yang parah, konsultasikan kepada dokter. Pemeriksaan pendarahan rektum harus dilakukan ketika terjadi. Ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui kemungkinan kondisi yang lebih serius.

Cara Mengobati Wasir Dengan Cuka Apel

Untuk mengobati wasir, Ambil 2-3 sendok makan cuka apel, ambil kapas secukupnya. Rendam kapas dan kompres bagian wasir kurang lebih selama 30 menit. Ulangi perawatan dengan mencelupkan lagi ke cuka saat senggang di rumah.

Cara ini bisa digunakan jika terjadi pembengkakan atau pendarahan pada wasir. Cuka dapat membunuh bakteri dan membantu mengobati inflamasi. Jika terasa sangat pedih, campur cuka dengan sedikit air hangat.

Selain menggunakan cuka apel, terdapat juga obat wasir alami ampuh dari de nature, yaitu obat Ambejoss, Zaitop, dan salep Salwa.

Obat Wasir De Nature

Harga Rp. 395.000 (Belum termasuk ongkir ke alamat)

Informasi lebih lanjut mengenai obat wasir herbal de nature bisa kunjungi official website klik link berikut ini www.ambejoss.org

Informasi pemesanan dan konsultasi gratis silahkan hubungi 081 272 630 412 (Aktif WhatsApp).

Obat wasir dari de nature terbuat dari bahan herbal alami yang mengandung ekstar daun ungu, mahkota dewa dan kunyit putih, zaitun, dan daun binahong.

Dimana beberapa kandungan tersebut telah teruji dan terbukti cukup ampuh untuk mengatasi wasir atau ambeien tanpa operasi. Dimekas secara moderen dalam bentuk kapsul, boleh dikonsumsi sebagai obat wasir untuk ibu hamil

Sekedar informasi untuk kenyamanan konsumen, bahwa produk dari perusahaan kami ini sudah memiliki:

  • Punya ijin resmi perusahaan dari kementrian kesehatan
  • Ijin BPOM, yang artinya sudah lulus uji stabilitas produk
  • Sertifikat halal MUI, sehingga kehalalannya bisa di pertanggungjawabkan
  • Sertifikat ISO, dimana mutu dan kualitas produk sudah berstandar international
  • Apoteker yang berpengalaman
  • Sudah melewati proses sortir bahan baku, guna menjaga mutu produk
  • Proses produksi sesuai alur CPOTB (Cara pembuatan obat tradisional yang baik dan benar).

Selain melakukan pengobatan, juga disarankan untuk menghindari beberapa pantangan makanan dan minuman yaitu seperti makan-makanan yang pedas, makanan bersantan, makanan yang mengandung minyak berlebih, asam, serta minum-minuman beralkohol, minuman bersoda dan minuman yang berkafein. Hal ini di karenakan dapat menyebabkan sembelit atau konstipasi.

Perubahan Gaya Hidup Untuk Mencegah Dan Mengobati Wasir

Selain menggunakan obat herbal sebagai cara mengobati wasir secara alami dari de nature, cara terbaik untuk mencegah dan membantu proses pengobatan wasir adalah dengan menjaga agar tinja tetap lunak dan bisa dikeluarkan dengan mudah.

Untuk mencegah dan mengurangi gejala dari wasir, berikut ini adalah beberapa saran yang bisa dilakukan:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Lebih banyak makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan mengonsumsi jenis makanan ini akan melembutkan tinja dan meningkatkan jumlah yang dikeluarkan. Tambahkan serat perlahan-lahan untuk menghindari masalah dengan gas.
  • Minum banyak cairan. Minumlah enam hingga delapan gelas air dan juga minuman lain (non-alkohol) tiap hari. Ini juga untuk mempertahankan tinja tetap lunak.
  • Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen penambah serat. Banyak orang masih kekurangan asupan serat dari yang dianjurkan dalam makanannya. Beberapa produk suplemen penambah serat bisa menjaga tinja tetap lunak, tapi pastikan untuk minum delapan gelas sehari jika mengonsumsi suplemen ini. Jika tidak, suplemen bisa mengakibatkan konstipasi atau justru memperburuknya.
  • Jangan mengejan berlebihan. Mengejan dan menahan napas saat mencoba mengeluarkan kotoran menciptakan tekanan lebih besar pada pembuluh darah di rektum bawah.
  • Segera buang air besar jika sudah merasa ingin. Jika Anda menunggu untuk buang air besar hingga keinginan itu menghilang, tinja bisa menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan.
  • Berolahraga. Jika terlalu banyak berdiri atau duduk, usahakan tetap aktif untuk membantu mencegah konstipasi dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Berolahraga juga membantu turunkan kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas ini yang berkontribusi memunculkan hemoroid.
  • Hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama, terutama di toilet, bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.
  • Hindari mengangkat benda berat. Jika memang harus, selalu buang napas saat mengangkat benda. Jangan menahan napas saat mengangkat.
  • Jika hamil, tidurlah miring. Posisi ini bisa menurunkan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan membantu mencegah hemoroid membesar.

Perubahan gaya hidup di atas bisa untuk mengurangi risiko wasir kambuh dan mencegah munculnya wasir atau ambeien.