Apa Pengobatan Kutil Kelamin yang Paling Efektif?

Dikutip dari laman De Nature Webstore , Umumnya kutil kelamin tidak perlu diobati bila tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Bahkan pada beberapa kasus, kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya.

Namun bila penderita merasa gatal, nyeri atau sensasi terbakar pada kelamin, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai perawatan terbaik yang dapat Anda ambil.

Karena setiap jenis kutil kelamin membutuhkan perawatan yang berbeda beda, tergantung letak kutil berada, seberapa besar kutil, dan biaya perawatan itu sendiri.

Dibawah ini beberapa perawatan yang bisa membantu Anda mengatasi kutil eksternal, perawatan ini meliputi:

  • Krim, gel, dan salep
  • Cryotherapy (membekukan kutil)
  • Operasi, dan
  • Menggunakan asam

Krim, Gel, dan Salep

Pilihan untuk gel, krim, dan salep adalah krim imiquimod, gel podofilox, dan salep sinecatechins.

Imiquimod adalah krim yang Anda aplikasikan pada kutil eksternal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Anda menerapkan krim imiquimod 5% pada waktu tidur, 3 kali seminggu selama 16 minggu. Anda menerapkan krim imiquimod 3,75% setiap malam. Anda harus mencuci area yang dirawat dengan sabun dan air 6 hingga 10 jam setelah Anda memakainya. Anda juga harus menghindari seks saat imiquimod ada di kulit Anda karena dapat melemahkan kondom dan diafragma.

Podofilox dan resin podophilin adalah gel yang dirancang untuk membunuh kutil. Setelah mereka diterapkan pada kutil eksternal, pastikan sudah kering sebelum bersentuhan dengan pakaian. Podofilox tidak direkomendasikan untuk kutil pada serviks, vagina, atau saluran anal. Itu juga tidak dimaksudkan untuk area yang lebih luas. Jika Anda menggunakan terlalu banyak atau tidak membiarkannya mengering, Anda bisa menyebarkan gel ke area lain dan menyebabkan iritasi pada area kulit.

Salep sinecatechins terbuat dari ekstrak teh hijau. Sinecatechins, salep 15% dioleskan ke kutil 3 kali sehari hingga 16 minggu. Anda harus menghindari semua kontak seksual saat salep ada di kulit Anda.

Jika kutil berada di daerah yang lembab, atau di tempat kulit saling menggosok, bicarakan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat topikal.

Jika Anda hamil, Anda harus menghindari obat-obatan ini.

Cryotherapy

Dokter Anda juga dapat membekukan kutil menggunakan nitrogen cair dan aplikator berujung kapas atau alat khusus yang disebut cryoprobe. Dingin diterapkan selama 10-20 detik. Jika Anda memiliki banyak kutil, atau jika kutilnya besar, dokter Anda dapat mematirasakan daerah tersebut terlebih dahulu dengan anestesi lokal.

Operasi

Ini dapat menghilangkan semua kutil Anda dalam satu kunjungan. Setelah memberi Anda bius lokal, dokter Anda dapat menghilangkan kutil Anda menggunakan metode yang berbeda. Ini termasuk:

  • Memotongnya dengan gunting
  • Menghilangkannya dengan pisau tajam (ini disebut metode eksisi)
  • Menggunakan laser untuk menghilangkannya (kuretase laser)
  • Membakarnya menggunakan electrocautery, proses yang menggunakan probe listrik bertegangan rendah

Dalam sebagian besar kasus, Anda tidak perlu dijahit setelah operasi.

Menggunakan Asam

Dokter Anda dapat menggunakan asam trikloroasetat atau bichloroacetic untuk mengobati kutil. Ia akan mengoleskan sedikit pada kutil seminggu sekali dan membiarkannya kering. Ini bekerja paling baik pada kutil kecil, lembab dan dapat digunakan pada kutil vagina, serviks, dan anal.

Perawatan untuk Kutil Internal

Jika Anda memiliki kutil vagina atau serviks, perawatan yang disarankan adalah:

  • Cryotherapy atau nitrogen cair
  • Operasi pengangkatan, dan
  • Larutan asam

Jika Anda memiliki kutil di uretra (tabung yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih), pilihan perawatan terbaik Anda adalah cryotherapy atau pengangkatan dengan pembedahan.

Efek Sampingnya Perawatan

Mereka dapat mencakup perubahan warna pada kulit atau jaringan parut, terutama jika Anda belum memiliki cukup waktu untuk sembuh di antara perawatan.

Meskipun jarang terjadi mereka juga dapat menimbulkan nyeri kronis yang parah. Jika Anda memiliki kutil dubur, buang air besar bisa terasa menyakitkan. Anda juga bisa mendapatkan kondisi yang disebut fistula yang membutuhkan operasi.

Bagaimana Jika Saya Tidak Diobati?

Kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya atau tetap sama. Jika Anda tidak dirawat, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak atau lebih besar kutil di kelamin.

Obat Herbal Kutil Kelamin De Nature